Memoar

Mengunjungi Pram Dalam Doa-Doa

Pameran Pramoedya di Dia lo gue art and cafe


Sepuluh karya-karya dingin beliau sudah selesai saya baca mulai dari biografi, biografi karangan Pram, novel fiksi maupun esai. Hal yang paling menyita perhatian adalah tentang keberanian-keberanian dan itu salah satu alasan yang saya pilih untuk membaca karyanya. Berkenalan dengan cara yang unik, awal mula saya membaca karya beliau adalah lewat buku Jejak langkah yang notabene karya ketiga dari tetralogi pulau buru, dan secara mundur saya membaca Rumah Kaca lalu balik ke seri pertama yaitu Bumi Manusia dan terakhir Anak Semua Bangsa. Ini mungkin cara jatuh cinta yang aneh nan unik, ya perkara itu memang melulu seperti itu.

Membuktikan kata-kata Nagasawa, buku yang bagus adalah buku yang penulisnya sudah dibaptis oleh waktu saya rasa terbukti meskipun cukup subjektif dengan hanya melihat dari pandangan saya sebagai penulis dan dari jumlah karya Pram yang sudah penulis baca. Terlepas itu semua semangat Pram yang tiada putus asa dalam mengabdi dalam keabadian (Menulis), bisa menjadi contoh untuk generasi-generasi berikutnya termasuk saya. Terbukti berapa banyak karya yang dibakar, dilarang beredar, dan kondisi yang diasingkan tidak pernah menyurutkan semangat Pram untuk menulis. Salah satu penyesalan saya adalah mengenal Pram setelah beliau wafat, barangkali itu takdir untuk saya yang dititipkan oleh Nagasawa.


Barangkali takdir memang tidak bisa ditolak namun doa selalu bisa kita panjatkan, seperti mengunjungi dalam doa-doa. Paling tidak dengan mengunjungi dan mendoakan menjadi salah satu cara berterimakasih atas karya-karya yang sudah mempengaruhi sedikit atau pun banyak. Saya kira penutup yang pas dalam tulisan ini adalah mengutip satu kalimat Pram dalam Panggil Aku Kartini saja, "Kalau hati dan pikiran manusia sudah tak mampu mencapai lagi, bukankah hanya pada Tuhan juga orang berseru?" (Doa). 

Apa Reaksi Anda ?



Husna Alliyus Dwi Karisma (Pewarta)

Menjadi kaum urban sejak 2011 dan mengaku tidak menambah sesak ibukota.

Popular Post

NO COMMETNTS

LEAVE A REPLY